Menu Bar

Alamat : PERUM METRO GRAHA UB 22 JOMBANG - JAWA TIMUR ( Melayani Home Care - Perawatan Luka Modern )

12/20/2014

PANDUAN KOMUNIKASI EFEKTIF

BAB II
KOMUNIKASI EFEKTIF


Komunikasi berasal dari bahasa Latin “communis” yang artinya bersama. Secara terminologis, komunikasi diartikan sebagai suatu proses penyampaian pikiran atau informasi (pesan) dari satu pihak ke pihak lain dengan menggunakan suatu media. Menurut ahli kamus bahasa, komunikasi adalah upaya yangbertujuan berbagi untuk mencapai kebersamaan. Jika dua orang berkomunikasi dengan pemahaman yang sama terhadap pesan saling dipertukarkan adalah tujuan yang diinginkan oleh keduanya. Webster’s New Collegiate Dictionary edisi tahun 1997 anatara lain menjelaskan bahwa komunikasi efektif adalah suatu proses pertukaran informasi diantaranya individu melalui system lambang-lambang, tanda dan tingkah laku.
A.      KLASIFIKASI KOMUNIKASI
Berdasarkan pada penerimaan pesan atau komunikan, komunikasi diklasifikasi menjadi:
1.        Komunikasi Intrapersonal
Penggunaan bahasa atau pikiran yangterjadi didalam diri komunikator itu sendiri atara individu dengan tuhannya.Komunikasi intrapersonal merupakan keterlibatan internal secara aktif dari individu dalam pemrosesan simbolik dari pesan-pesan. Seorang individu menjadi pengirim sekaligus penerimaan pesan, memberikan umoan balik dirinya dalam proses internal yang berkelanjutan.
2.        Komunikasi Interpersonal
Komunikasi Interpersonal berlangsung dari dua arah, antara komunikator lain dan komunikan, antara seorang tenaga medis dengan teman sejawat antar seorang tenaga medis dengan pasien.
3.        Komunikasi Kelompok
Salah satu bentuk komunikasi yang ada dalam kelompok.Komunikasi tidak hanya terjadi anata seorang dengan seoarang yang lainnya, komunikasi juga dilakukan dengan sekelompok orang yang disebut komunikasi dengan komunikasi kelompok. Menurut Michael Burgoon, komunikasi kelompok adalah interaksi secara tatap muka anatara tiga orang atau lebih dengan tujuan telah diketahui, seperi berbagai informasi, menajga diri, pemecahan masalah, diamana anggotanya dapat mengingat karateristik pribadi anggota yang lain secara tepat, misalnya organisasi profesi, kelompok remaja dan kelompok sejenisnya. Komunikasi dapat dalam bentuk diskusi, rapat dan sebagaianya.
4.        Komunikasi Publik
Komunikasi yang dilakukan secara aktif dan pasif yang dilakukan didepan umum. Dalam komunikasi public, pesan yang disampikan dalam bentuk suatu informasi, ajakan, gagasan,.Komunikasi ini memerlukan keterampilan lisan dan tulisan agar pesan dapat disampaikan secara efektif dan efisien.
5.        Komunikasi Organisasi
Merupakan komunikasi yang dilakukan dalam suatu organisasi atau antar organisasi baik secara formal maupun informal.Komunikasi organisasi umumnya membahas tentang struktur dan fungsi organisasi serta hubungan manusia.
6.        Komunikasi Massa
Komunikasi ini melibatkan sebagaian besar komunikan heterogen yang tersebar disuatu wilayah geografis yang luas dan berkepentingan pada pesan komunikan yang sama.


Selanjutnya............................................